The Key To Successful Character Education From Anies Rasyid Baswedan's Perspective
DOI:
https://doi.org/10.62007/joupi.v2i4.379Keywords:
Character education, Anies Rasyid Baswedan, Systematic Literature ReviewAbstract
This study aims to identify the keys to successful character education in the perspective of Anies Rasyid Baswedan by using the Systematic Literature Review (SLR) method. After a rigorous selection process based on inclusion criteria, including year of publication, indexation, and relevance to the topic, 26 articles were selected for analysis with a qualitative-descriptive approach. The results showed that the habituation of good values in daily life, inspirational leadership, and the role of a supportive environment are key elements in the success of character education according to Anies Rasyid Baswedan. The implementation of character education that focuses on the formation of moral character and performance is considered to be able to build a generation with integrity and resilience in facing global challenges.
References
Arifin M. Kronologi Siswa SMP di Pasuruan Bantah Guru Saat Ditanya PR. detik.com.
Amaliati S. Pendidikan Karakter Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial. Chilid Educ J. 2020;2(1):34-47.
Ainiyah N. Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. J Al-Ulum. 2013;13(1):25-38.
Firnanda R. Konsep Pemikiran Pendidikan Anies Baswedan. kbaNews. https://kbanews.com/resonansi/konsep-pemikiran-pendidikan-anies-baswedan/2023.
Awhinarto S. Otak Karakter Dalam Pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains. J Pendidik Karakter. 2020;10(1):143-156.
Achmad Y. Konsep Pendidikan Kakrakter Indigenous Dalam Perspektif Al Quran. J Pendidik Karakter. 2020;10(1).
Amirruddin. Urgensi pendidikan akhlak : tinjauan atas nilai dan metode perspektif islam di era disrupsi. J Islam Educ Policy. 2021;6(1):1-19.
Arisanti K, Lahut MB. PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF K.H HASYIM ASY’ARI; REFLEKSI KITAB ADABUL ‘ALIM WA MUTA’ALLIM. Mozaic Islam Nusant. 2021;7(1):29-46.
Azizah M, Fauzi. Pendidikan Karakter Dalam Pembaruan Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Azyumardi Azra). Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2022;11(3):759-778. doi:10.30868/ei.v11i03.2559
Habibullah AH, Muhammad DH, Susandi A. Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terdapat dalam Kisah Umar bin Abdul Aziz. Al Muaddib. 2022;4(1):29-44.
Hadi B. Nilai-Nilai Karakter Dalam Pendidikan Islam Menurut Persepektif Anies Baswedan. Published online 2019.
Hakim L. Konsep Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Studi Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim. Mediakita. 2019;3(1):43-64.
Hasanah R. Pendidikan karakter dalam prespektif al-quran hadits. Holistika. 2020; 4.1:22-26.
Hermanto, Japar M, Riyadi, Sumantri MS, Putra HR. Analysis Of Character Education Values: School -Based Character In Indonesia. Kuram ve Uygulamada EğitimYönetimi Educ Adm Theory Pract. 2024;30(1):334-347.
Huda K, Prilia FR. Relevansi Pendidikan Karakter Ibnu Miskawaih Terhdap Pendidikan Era Modern. J Penelit Keislam. 2021;17(1):71-86.
Handayani L, Tajibu K. Pendidikan karakter dalam filsafat pendidikan islam. ISTIQRA. 2023;11(1):1-17.
Ima Rahmatika A, Majid A, Fatiatun. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD Al-Madina Wonosobo. Al-Mau’izhoh. 2023;5(2):241-246. doi:10.31949/am.v5i2.7056
Indriani E, Desyandri, Erita Y, Henita N. Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Perspekif Filsafat Idealisme. Didakt J Ilm PGSD FKIP Univ Mandiri. 2022;8(2).
Jannah L, Wati DY, Ainirrohmah N, Adawiyah R. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Quran. Al-Muaddib. 2020;2(2):81-109.
Kulsum U, Muhid A. Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual. 2022;12(2):157-170. doi:10.33367/ji.v12i2.2287
Maula AR. Pendidikan karakter dalam islam: analisis filosofis ibnu miskawaih dalam kitab tahžībul akhlāk. Raushan Fikr. 2024;10(1):68-76.
Mubin MS. Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Reforma J Pendidik dan Pembelajaran. 2020;9(2):114-130.
Mukhlisin. Wayang Sebagai Media Pendidikan Karakter (Perspektif Dalang Purwadi Purwacarita). Attaqwa J Ilmu Pendidik Islam. 2021;17(September):132-139.
Muhtar E. Pengembangan Kurikulum Merdeka Untuk Peningkatan Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA Negeri 25 Halmahera Selatan. J Ilm Wahana. 2024;10(9):1-23.
Musrifah. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Edukasi Islam. 2016;1(1):119-133.
Ningsih SF, Zulfah MA. Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Imam Al-Ghazali Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. EDUSCOPE. 2022;08(01).
Nor Mobin. Pendidika Karakter Pada Anak Perspektif Washoya Al Abaa’lil Abnaa’ Karya Syaikh Muhammda Syakir. Atthiflah J Early Child Islam Educ. 2020;7(2):34-45.
Purnomo S. Pendidikan Karakter di Indonesia: Antara Asa dan Realitas. J Kependidikan. 2014;II(2):66-84.
Riinawati, Ngalimun. Implementation of Character Education in Islamic Perspective at School. J Posit Psychol Wellbeing. 2022;6(1):561-566.
Sastypratiwi H, Nyoto RD. Analisis Data Artikel Sistem Pakar Menggunakan Metode Systematic Review. J Edukasi dan Penelit Inform. 2020;6(2):250-257.
Simamora S, Gaffar V, Arief M. SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW DENGAN METODE PRISMA : DAMPAK. J Ilm M-Progres. 2024;14(1).
Sanga LD, Wangdra Y. Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Pros Semin Nas Ilmu Sos dan Teknol. 2023;5(September):84-90. doi:10.33884/psnistek.v5i.8067
Sinta L, Matheos Y, Malaikosa L, Supriyanto DH. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. AL-ASASIYYA J Basic Educ. 2022;6(4):3193-3202. doi:10.31004/obsesi.v6i4.2326
Sucipto S, Sukri M, Patras YE, Novita L. Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia J Ilm Kependidikan. 2024;12(1). doi:10.20961/jkc.v12i1.84353
Suryana C, Muhtar T. Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada. J basicedu. 2022;6(4):6117-6131.
Wardanik Y, Muhammd DH, Susandi A. Konsep Pendidikan Karakter Presfektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashin Ulwan. Edumaspul. 2021;5(2):480-487.
Saihu M, Suparto, Balgis LF. Nalar Tasawuf dalam Pendidikan Islam : Kajian Atas Makna Ihsan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2021;10(1). doi:10.30868/ei.v10i001.1844
Sumanto E. Relavansi Pemikiran Pendidikan Cokroaminoto Dengan Anis Baswedan. At-Ta’lim. 2016;15(2):320-339.
Watajdid NI, Lathifah A, Andin DS, Fitroh. SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN DIGITAL MARKETING. J Sains Pemasar Indones. 2021;20(2):163-179.
Wibowo AH. Relevansi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Filsafat Al-Ghazali. Al-I’jaz. 2020;2(2).
Yanuardi S. Anies Baswedan Mendidik Indonesia. Gigi Pustaka; 2014.
Yuniarti N, Shunhaji A, Suwandana E. Memahami Konsep Pembentukan dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Agama Islam , Pakar Pendidikan , dan Negara Understanding the Concept of Early Childhood Character Formation and Education Based on Religion of Islam , Education Experts , and the . Al Athfaal J Ilm Pendidik Anak Usia Dini. 2021;4(1):263-280.
Zahro A, Aminah S. Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. AL-ADABIYAH JurnalPendidikan Agama Islam. 2021;2(2):118-143.