Pendampingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tilawati Mobile di Kelas X SMKN 3 Palangka Raya

Peningkatan kemampuan memperbaiki makhorijul huruf siswa dalam membaca Al-Qur'an

Authors

  • Ulya Yunika Pendidikan Agama Islam

DOI:

https://doi.org/10.62007/jouipi.v2i4.366

Keywords:

Membaca Al-Qur’an, Metode Tilawati, Mobile

Abstract

Penelitian pengabdian ini berisi tentang Pendampingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tilawati Mobiledi SMKN 3 Palangka Raya. Metode pengabdian dalam kegiatan ini adalah participatory action research (PAR) yang dilakukan selama 10 minggu, dengan kegiatan tatap muka dan daring setelah ba’da magrib. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan Tilawati Mobile efektif dalam membantu siswa belajar memperbaiki makhorijul huruf dalam membaca Al-Qur’an, memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran di era digital sehingga bisa belajar tidak hanya disekolah tetapi juga dirumah. Program ini mendapat dukungan pennuh dari pihak sekolah dan orangtua siswa, yang berkontribusi pada keberhasilan kegiatan ini.

References

Asim, M., Mufti, A., Rianti, R., Ilmi, I., Supriatna dkk, (2023). Pendampingan Penerapan Metode Tilawati Pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Desa Jangraga. Jurnal Prngabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi. Vol. 2. No 3. Hal. 202

Hasan Abdurrahim, dkk. (2010). Strategi Pembelajaran Al Quran Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah.

Herlina Bong. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pakat Dan Gotong Royong Melalui Model Discovery Learning Fase A SD Negeri Lebo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 4(2), 712–727. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i2.1327

Kiswaya, O. R., Yunika, U., & Junaidi, A. (2024). Pendampingan BMQ Mahasiswa Menggunakan Metode Tilawati di IAIN Palangka Raya BMQ Mentoring for Students Using the Tilawati Method at IAIN Palangka Raya. In Jurnal Insan Pengabdian Indonesia (JOUIPI) (Vol. 2, Issue 1).

Kumala, D. R., Rohmah, Z., & Hidayatulloh, M. K. Y. (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44–47.

Majid, Z. A. (2019). Refleksi Al-Quran Dalam Literasi Global. Al Marhalah, 3(2).

Nadhifa,S.A.(2020) Studi Komparasi Metode Talaqqi dan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Mmebaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.

Ningsih Indah W. Wahidin U. Sarbini. M. (2023) Transformasi Digital Media Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Berbasis Android pada Aplikasi Tilawati Mobile. Jurnla STAI AL-Hidyah. Bogor. Vol.12 No.01. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. 2017. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.

Surawan, & Cindy Fatimah. (2021). Peran Guru Pai Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Literasi Al-Qur’an. Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 106–115.

Wahyu Ningsih, I., Wahidin, U., Sarbini, M., & Al-Hidayah Bogor, S. (2023). Transformasi Digital Media Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Berbasis Android pada Aplikasi Tilawati Mobile. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1).

Published

2024-11-10

How to Cite

Yunika, U. (2024). Pendampingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tilawati Mobile di Kelas X SMKN 3 Palangka Raya: Peningkatan kemampuan memperbaiki makhorijul huruf siswa dalam membaca Al-Qur’an. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 2(4), 11–19. https://doi.org/10.62007/jouipi.v2i4.366