Implementasi Metode Relasional Pada Konselling Pribadi Sosial Terhadap Siswa/i di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.62007/joupi.v1i2.52Keywords:
counseling, personal social, relationalAbstract
The purpose of this research is to explore the personal character of students, to be aware of the wrong and deviant behavior that students have done at school through personal social counseling activities with a relational approach. The research method used is literature review sourced from journals/articles, books related to social personal counseling of students at school. The results of the study concluded that the application of personal social counseling with a relational approach model made students more comfortable and calm when the counselor explored their experiences. Likewise, in this approach model a counselor must be able to communicate with a student in terms of respecting a student's personal self, understand the student's personal world through empathy, be aware of and share experiences with students at school about what they have experienced. natural counselor openly, away from the attitude of something that is not true (artificial).
References
Atifah Hanum. 2018. Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Self-Efficacy Siswa Dan Implikasinya Pada Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Al Isyraq. 1(1).
Blocher, Donald H. 1974. Developmental Counseling. 2nd ed. New York : John Wiley & Sons.
Dyah Pravitasari. 2022. Peran Guru Kelas Sebagai Pelaksana Bimbingan Dan Konseling Dalam Membantu Mengatasi Problem Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Anwar Raman Agung Kecamatan Buay Madang Timur. Journal Of Elementary School. 1(1)
Elia Firda Mufidah , Aniek Wirastania, Cindy Asli Pravesti.2021. Studi Kasus: Permasalahan Yang Sering Ditangani Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 6(1)
Fabianus H. Bosco. 2019. Implementasi Bimbingan Pribadi-Sosial Pada Siswa Di Sdk Pahar Kecamatan Lelak Kabupaten Manggarai. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 3(1), 8 – 15.
Ina Ambar Wati. 2018. Layanan Bimbingan Dan Konseling Pribadi Sosial Dalam Menumbuhkan Sikap Positif Siswa. Al~Tazkiah. 7(2)
Jannah, Raodhatul, & Supriatna, Mamat. (2018). Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Mengembangkan Perilaku Moral Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 54-62.
Jarwati. 2019. Program Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Di Sekolah Siswa Sma Negeri 1 Denpasar Kelas X Mia 11 Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Santiaji Pendidikan. 9(2).
Juharni. 2019. Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sma Negeri 1 Enrekang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Muhammad Alim Ka’batul Asror, N Nurjannah. 2022. Peran Guru Bimbingan Konseling Dan Orang Tua Dalam Menanggulangi Pelanggaran Siswa Di Mts Nw Aik Ampat. (J-Psh) Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora. 13(2).
N. Ica Warnisa , Tita Rosita. 2020. Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Siswa Yang Memiliki Tingkat Kedisiplinan Rendah. Fokus. 3(2).
Raodhatul Jannah Dan Mamat Supriatna. 2018. Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Mengembangkan Perilaku Moral Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. 4(1)
Rogers, Carls. 1951. Client Centered Therapy. Boston : Houghton-Mifflin
Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usmani Haryanti, Abdul Rahim, Taryatman. 2022. Pengembangan Program Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora. 8(1).
Yusrain. 2019. Layanan Bimbingan Konseling Pribadi-Sosial Da Permasalahan Kurangnya Rasa Kepemilikan Dalam Diri Anak. Primearly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini. 2(2).
Masalah Pribadi Sosial serta Strategi dan Teknik Bimbingan Pribadi Sosial Halaman 1 - Kompasiana.com. diakses pada 16/04/23.
Teori Bimbingan Dan Konseling (upi.edu). diakses pada 18/04/23.