Pengaruh Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Dan Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Al Fatah Nangahale

Authors

  • Endah Sari IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Wahyuningsih Wahyuningsih IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Agnesia Bergita Anomeisa IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.62007/joupi.v1i4.124

Keywords:

Mathematics Learning Outcomes, Learning Motivation dan Learning Style

Abstract

This study aims to find out the comparison of motivation and learning style to the learning outcomes of class VIII MTs Muhammadiyah Al Fatah Nangahale. The population of this study were students of class VIII, totaling 45 students. The sample in the study consisted of 45 students. Data collection was carried out by distributing questionnaires related to motivation and learning styles on mathematics learning outcomes for class VIII MTs Muhammadiyah Al Fatah Nangahale and carrying out documentation to find out students' mathematics learning outcomes. Based on the results of data analysis with a significant level of 5%, it can be concluded: (1) there is an effect of mathematics learning outcomes in terms of learning motivation, (2) there is an effect of mathematics learning outcomes in terms of learning style, (3) there is a significant effect between motivation and learning style on mathematics learning outcomes.

References

Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). “Motivasi dan prestasi belajar siswa di Indonesia: Kajian meta-analisis”. Konselor, 6(4), 150-157.

Devi, Lenggang Kurnia Intan. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee”. Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Djaali, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS,12(1), 14-22.

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018). “Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 246-254.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Hidayat, Y. (2016). “Perbedaan hasil belajar, minat dan motivasi siswa kelas x sman 1 palu pada materi jarak titik ke bidang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan e-learning dan aplikasi wingeom”. JSTT. 5(1).

Kuswandi, S., & Nurzaman, D. R. (2021). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Bangun Ruang Dengan Menggunakan Metode Inquiri Di SDN Mekarjaya I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang”. Jurnal Tahsinia, 2(2), 191-201.

Leonardi, L. (2023). “Motivasi Siswa Dalam Proses Pendidikan Jasmani Kelas X TKJ 1 DI SMK Negeri 01 Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang”. (Doctoral dissertation, IKIP PGRI Pontianak).

Najamuddin, N., Idris, R., & Afiif, A. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Taks Commiment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS Negeri Balang-Balang Kabupaten Gowa”. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 163-176.

Nurbudiyani, I. (2013). “Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya”. Anterior Jurnal, 13(1), 88-93.

Prawira, PA. (2013). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Rahmah, D. L., & Juhriah, E. (2022). “Aplikasi Kumpulan Soal Ujian Nasional Sekolah Dasar Berbasis Android”. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK),4(3), 2478-2491.

Rahmat, Ilham. (2018). “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat”. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Rahmawati, R. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 5(4), 326-336.

Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). “Strategi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas”. Journal on Teacher Education, 2(1),18-24.

Rahmayanti, V. (2016). “Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok”. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Saidani, B., dan Ramadhan, D. R. (2013). “Pengaruh iklan dan atribut produk terhadap keputusan pembelian smartphone samsung seri galaxy (survei pada pelanggan itc roxy mas)”. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.4(1), 53-73.

Sardiman, A.M. (2011). Pendidikan Karakter dan Peran Pemerintah. Yogyakarta.Makalah.

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). “Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 3(1), 17-32.

Sari, T. N. (2020). “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran IPS/Ekonomi”. Jurnal Pendidikan Edutama.

Setyaningsih, S., Setiani, F., & Jayadi. (2019). “Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada SMA Negeri 2 Sampit”. Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit, VII(1), 47–54.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). “Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa”. Journal on Education, 5(3), 6994-7003.

Suryabrata, S. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). “Pengaruh Penggunaan Alat

Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini”.

Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.

Uno, P. Dr. Hamzah B, M. Pd. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.

Usman, M. U. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Yunas, T. B., & Rachmawati, M. A. (2018). “Kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar fisika pada siswa di yogyakarta”. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 1(2), 60-75.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Endah Sari, Wahyuningsih Wahyuningsih, & Agnesia Bergita Anomeisa. (2023). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Dan Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Al Fatah Nangahale. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(4), 104–117. https://doi.org/10.62007/joupi.v1i4.124

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.