Deskripsi Pemanfaatan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Pinyuh

Authors

  • Indaswari Indaswari Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.62007/joumi.v2i3.347

Keywords:

Learning, Media, Utilization

Abstract

This research aims to describe how learning media is used at SD Negeri 26 Sungai Pinyuh. This research uses descriptive qualitative methods with instruments in the form of observation sheets and interview guides. The research data source involved class I, II, and III teachers. Based on the research results, it was found that teachers at SD Negeri 26 Sungai Pinyuh used visual media in every meeting, with an average percentage of 100% in all classes. Teachers make good use of learning media, starting with preparation which includes selecting the type of media that suits the learning objectives, as well as considering various aspects related to its use. Apart from that, teachers also plan the steps needed so that the use of this media can help achieve learning objectives.

 

References

Amin, M. R. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Kelas Awal SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 7(23), 2-182.

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA

Arsyad, A.2014.MEDIA PEMBELAJARAN.Jakarta:Rajawali Pers

Djamarah,Syaiful Bahri. Aswan Zain. 2006. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Jakarta:Rineka Cipta

Fachrurrazi, A. (2010). PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PEMBELAJARAN: Pengembangaan dan pemanfaatan, Media, Teknologi Informasi. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 6(11), 65-73.

Hasan, M.dkk (2021).Media Pembelajaran.Klaten:TAHTA MEDIA GRUP.

Hidayat.(2011, 9 maret) Strategi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. 09 Januari 2023, https://meretasmasadepan.blogspot.com

Mahnun, N. (2012).”MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran)”.Jurnal pemikiran islam 37 No.1:27-33.

Netriawati&Lena. 2017. Media Pembelajaran Matematika. Lampung:Permata Net

Novembianto, O.(2019) “Analisis pemanfatan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 1 Jepun kabupaten Tulungagung”. Jurnal pena SD 5 No.1:1-5

Portanata, L.dkk (2017) “Analisis pemanfaatan media pembelajaran IPA SD”. Jurnal pendidikan perkhasa 3 No.1:1-12

Purba,ElvisF. Parulian Simanjuntak.2014.METODE PENELITIAN.Medan: Percetakan SADIA

Ramli, M.2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Antasari Press

Sudjana,Nana.Ahmad Rivai. 2020. MEDIA PENGAJARAN.Bandung:Penenrbit Sinar Baru Algesindo Bandung

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tafonao, T. (2018)”Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa”.Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 No.2:103-114

Umar. (2014). “MEDIA PENDIDIKAN:Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Tarbiyah Vol:11, No.1:134

Umarella, S. (2018). Urgensi media dalam proses pembelajaran. Jurnal Al- iltizam, 3(2), 234-241.

Published

2024-09-11

How to Cite

Indaswari, I. (2024). Deskripsi Pemanfaatan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Pinyuh. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.62007/joumi.v2i3.347